Membuat Tanda Peringatan di Excel

TANDA PERINGATAN DI EXCEL

Assalamu'alaikum, sebelumnya terima kasih telah berkunjung pada blog yang sederhana ini, dalam postingan kali ini saya akan membuat tanda peringatan di excel menggunakan Conditional Formating. sedikit tentang excel, aplikasi excel ini adalah salah satu aplikasi microsoft office yang banyak digunakan untuk pencatatan keuangan oleh setiap kantor-kantor, aplikasi ini sangat berguna untuk membuat table dengan berbagai rumus, banyak sekali orang menggunakan excel untuk membuat table dan rumus saja, padahal dalam excel banyak tersimpan tools-tools rahasia seperti membuat peringatan, validasi data, databases dan masih banyak lainnya. dalam membuat peringatan saya menggunakan fitur Conditional Formating.

CONDITIONAL FORMATING

Apa itu conditional Formating, dari arti secara umum bisa kita artikan sebagai memberikan format pada kondisi yang memenuhi kriteria, jadi, conditional formating adalah suatu fitur dalam microsoft excel yang sangat berguna untuk menampilkan data sehingga mempermudah dalam analisa data. jika kita memiliki suatu table kita ingin dalam field table tersebut setelah mencapai kriteria tertentu warna dari tulisan atau background tulisan berubah, sehingga memudahkan kita untuk menganalisa data tersebut.

KASUS

dalam kasus yang saya buat kali ini adalah tentang nilai siswa yang dibawah rata-rata akan muncul tanda merah pada nilai tersebut, bisa dilihat contoh table dibawah ini.


No Nama Mata Pelajaran Nilai Keterangan
1 Heri Habibie Kalkulus 86 Lulus
2 Cut Nuzlia Kalkulus 93 Lulus
3 Muhammad Ismi Syacban Kalkulus 80 Lulus
4 Andy Syahrul Kalkulus 67 tidak Lulus
5 Buyong Kalkulus 50 tidak Lulus
6 Wahyu Kalkulus 90 Lulus


dari table diatas dapat dilihat pada kolom keterangan ada siswa yang tidak lulus, kalau datanya sedikit mungkin enak ngeceknya, tapi kalau sudah bejibun pusing juga guru atau verifikator ngecek data begini ini wwkakwakawkwa, ok data yang tidak lulus itu satu garis akan kita buat menjadi merah dengan menggunakan formating data. ikuti langkah dibawah ini.

LANGKAH 

  • Buka Excel,
  • pada tab home, dalam colom style, pilih conditional formatting,
  • lalu pilih manage rules,
  • dan keluar kotak dialog manage rules, klik new rules
  • pilih "Use a formula to determine which cells to format
  • pada "Format values where this formula is true isikan rumus ini "$E6="Tidak Lulus"
  • lalu klik format untuk memberikan format apa yang diinginkan
  • Pada tab Font, dalam kolom Font Style  kita pilih Bold 
  • color pilih warna merah, lalu tekan OK
  • dan Ok lagi,
  • dan pada Applies to blog seluruh isi table yang ingin dimasukkan kedalam format,
  • lalu tekan ok.
sip selesai dan hasilnya seperti table dibawah ini :

No Nama Mata Pelajaran Nilai Keterangan
1 Heri Habibie Kalkulus 86 Lulus
2 Cut Nuzlia Kalkulus 93 Lulus
3 Muhammad Ismi Syacban Kalkulus 80 Lulus
4 Andy Syahrul Kalkulus 67 tidak Lulus
5 Buyong Kalkulus 50 tidak Lulus
6 Wahyu Kalkulus 90 Lulus

Bagaimana, dengan adanya conditional formating sangat memudahkan kita untuk menganalisa data, sekarang tergantung dengan cara anda memodifikasi nya agar lebih sesuai dengan keinginan anda. bisa juga background nya yang diwarnai itu bisa pilih di fill bukan di font, untuk lebih lengkapnya liat Video dibawah ini, jangan lupa di like dan subcribe hehehehe.


Terima Kasih telah berkunjung pada blog saya ini, mohon saran anda untuk memotivasi saya agar membangun blog yang lebih baik lagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »