Hibridisasi Kimia


Hibridasi dapat didefinisikan sebagai peleburan orbital-orbital dari tingkat energi yang berbeda menjadi orbital yang memiliki energi setingkat, hibridasi merupakan konsep pencampuran orbital atom menjadi orbital hibrida yang sesuai dengan pasangan elektron untuk membentuk ikatan kimia, konsep orbital-orbital yang terhibridasi sangatlah berguna dalam menjelaskan bentuk orbital molekul dari sebuah molekul.

karbon merupakan contoh yang baik untuk penjelasan orbital hibrida, konfigurasi atom karbon dalam keadaan ground state. Berdasarkan teori ikatan valensi, karbon seharusnya membentuk ikatan kovalen, menghasilkan CH2 karena karbon mempunyai dua elektron tak berpasangan secara konfigurasi elektron. Meskipun demikian, melalui eksperimen dapat ditunjukkan bahwa CH2 bersifat sangat reaktif dan tidak dapat terbentuk setelah akhir reaksi (Meskipun hal ini juga tidak menjelaskan bagaimana CH4 dapat terbentuk). Untuk membentuk empat ikatan, konfigurasi karbon harus mempunyai empat elektron tidak berpasangan. 

Dengan demikian karbon telah mempunyai empat elektron tidak berpasangan, sehingga mempunyai empat energi ikatan yang sama. Hibridasi orbital juga lebih disukai karena mempunyai energi yang lebih kecil dibandingkan dengan orbital terpisah. Hal tersebut menghasilkan senyawa yang lebih stabil ketika terjadi hibridasi dan ikatan yang terbentuk juga lebih baik.

untuk lebih lengkapnya bisa download power point dibawah ini :

Hibridasi Kimia

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »